Tugas Bisnis
Pengantar --
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Indonesia sebagai negara beriklim tropis, memiliki tanah subur dan hasil alam
yang beraneka ragam khususnya di bidang pertanian. Berbagai jenis hasil
pertanian yang diproduksi sejenis, seperti padi dan palawija, maupun jenis
hasil pertanian yang spesifik pada wilayah tertentu. Keanekaragaman hasil alam
tersebut dipengaruhi oleh kondisi dataran, tanah dan cuaca masing-masing
wilayah di Indonesia. Umbi-umbian merupakan salah satu hasil pertanian
Indonesia yang banyak dibudidayakan di Pulau Jawa, terutama di Jawa Timur dan
Jawa Tengah.
Ubi ungu merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Bangsa Spanyol dan
bangsa Portugis ikut andil mengenalkan ubi jalar ke Indonesia. Ubi jalar adalah
tanaman herba yang tumbuh menjalar di dalam tanah dan menghasilkan umbi.
Tanaman herba adalah tanaman yang bagian tumbuhan yang segar atau berkadar air
tinggi yang dipakai sebagai bahan penyegar dan pengobatan. (Murtiningsih &
Suyanti: 2011)
Ubi ungu mulai banyak diminati konsumen yang peduli akan kesehatan
karena mempunyai komposisi gizi yang baik dan memiliki fungsi fisiologis
tertentu bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ubi ungu di segi kesehatan:
Varietas ubi
jalar ungu lebih kaya akan kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100
g. Mengandung ratusan kali lipat kandungan vitamin A dari bit dan 3 kali lipat
dari tomat.
Kandungan
antosianin yang tinggi pada ubi jalar ungu serta mempunyai stabilitas yang
tinggi dibanding anthosianin dari sumber lain, membuat tanaman ini sebagai
pilihan yang lebih sehat dan sebagai alternatif pewarna alami. Beberapa industri
pewarna dan minuman berkarbonat menggunakan ubi ungu sebagai bahan mentah
penghasil anthosianin. Selain itu juga industri es krim, minuman beralkohol,
pie dan roti. Ubi jalar ungu juga telah dikembangkan dalam bentuk produk es
krim, sirup dan anggur asam.
Antosianin
ubi jalar ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker,
antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
Ubi jalar ungu bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang
dinamakan selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi
yang lainnya. Ubi jalar ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5
dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry” dan ubi
lainya.
Kandungan
betakaroten (vitamin A). vitamin E dan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan
pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler. Ubi juga kaya akan
karbohidrat dan energi yang mampu mengembalikan tenaga. Kandungan serat dan
pektin di dalam ubi jalar sangat baik untuk mencegah ganguan pencernaan seperti
wasir, sembelit hingga kanker kolon.
Kandungan
lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin
bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600
mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519
mg/100 g berat basah.
Vitamin yang terkandung dalam ubi ungu antara lain: Vitamin A, Vitamin C,
Vitamin B1, Riboflavin, Zat besi (Fe), Fosfor (P), Kalsium (Ca), Protein,
Lemak, Serat kasar.
Kandungan antosianin yang tinggi pada ubi jalar ungu mempunyai stabilitas yang
tinggi berbanding anthosianin dari sumber lain membuat tanaman ini sebagai
pilihan yang lebih sehat dan sesuai sebagai alternatif pewarna alami. Beberapa
industri pewarna dan minuman berkarbonat menggunakan ubi ungu sebagai bahan
mentah penghasilan anthosianin. Selain itu, ubi ini digunakan dalam industri
pembuatan es krim, minuman beralkohol, pie dan roti. Ubi jalar ungu juga telah
dikembangkan dalam bentuk produk es krim, sirup dan anggur asam.
Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI
betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang
menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan
atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir
separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%.
Selama ini
olahan ubi jalar ungu sudah banyak, namun perlu ada inovasi untuk membuat harga
jual ubi ungu menjadi meningkat, salah satu caranya yaitu dengan membuat suatu
produk patiseri yang menarik untuk dikonsumsi, berupa ice
cream selain populer juga merupakan jenis makanan yang digemari oleh
mayoritas orang Indonesia dengan memberikan rasa yang berbeda, aroma yang khas,
tekstur tetap sesuai karakteristik produk standar, serta diterima di kalangan
masyarakat. Karena dijaman modern saat ini ubi ungu adalah bahan pangan
yang dipandang sebelah mata. Banyak yang mengatakan bahwa ubi ungu adalah
makanan kampung. Padalah ubi ungu itu sendiri mengandung banyak manfaat.
Perumusan
Visi Usaha
- Menjadi pengusaha yang sukses dan terpercaya
- Mengembangkan usaha sederhana menjadi usaha yang ternama di mata dunia
- Melatih masyarakat untuk mengembangkan usaha kecil
- Menjadi pengusaha yang pantang menyerah, jujur, ulet, disiplin dan selalu megutamakan kepentingan konsumen
- Menyediakan panganan sehat bagi masyarakat
Perumusan
Misi Usaha
- Memberikan pelayanan yang terbaik
- Menghasilkan produk yang berproduktivitas tinggi dengan kreasi penyajian yang menarik
- Memberikan kepuasan dan kualitas produk sesuai dengan keinginan pelanggan
- Membuat inovasi produk dengan memperhatikan kandungan gizi pada produk
Tujuan Usaha
- Memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal variasi makanan
- Mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa ubi jalar dapat dibuat kreasi olahan makanan yang beraneka ragam
- Memperoleh keuntungan
- Melatih masyarakat mengembangkan usaha kecil
- Memanfaatkan bahan sederhana menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi dengan beberapa imajinasi dan kreatifitas
- Melatih kemandirian pada diri masyarakat dan generasi muda
- Meningkatkan perekonomian
Manfaat
- Mengembangkan jiwa wirausaha
- Menggali potensi masyarakat disekitar tempat usaha
- Menciptakan potensi berwirausaha pada suatu daerah
- Memperoleh keuntungan
- Meningkatkan taraf hidup seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha maupun masyarakat sekitar
- Menciptakan peluang bagi masyarakat sekitar untuk menanam sumber bahan baku produk
- Memenuhi kebutuhan konsumen akan barang
Deskripsi Usaha
Usaha ini bergerak dibidang produksi dan perdagangan yaitu mengolah ubi jalar
menjadi ice cream dengan citarasa yang khas. Bahan baku dari produk ini juga
relatif mudah dicari.
Ice cream
ubi jalar ini merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ubi ungu. Alasan kami
membuat ice cream ubi jalar ini adalah karena belum banyak yang
memanfaatkan ubi ungu menjadi sebuah olahan makanan. Walaupun sudah banyak
makanan yang di olah melalui bahan dasar ubi ungu, tapi kami disini menghadirkan
Ice cream sebagai panganan yang bisa dikatakan panganan kelas elit. Selain itu,
bahan- bahan yang digunakan untuk mengolah ubi ungu menjadi ice cream
mudah didapatkan apa lagi di tanah jawa yang sangat cocok sebagai tempat
pembudidayaan dari ubi ungu itu sendiri.
Ice cream ubi jalar ini memiliki prospek yang baik di lapangan karena jangkauan
pemasarannya tak terbatas dan bebas untuk segala kalangan,dari kalangan bawah
menengah hingga kalahan menegah ke atas, baik di lingkungan sehat dan dapat
pula di konsumsi bagi orang- orang yang sedang melakukan perawatan kesehatan
jangka panjang, maka dari itu kami sangat optimis akan tingginya permintaan
suplay akan ice cream ubi jalar itu sendiri.
BAB II
ANALISIS
LINGKUNGAN
METODE
PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan yang akan digunakan pertama adalah mempromosikan kepada
teman-teman terdekat khususnya teman satu kelas lalu kami akan membuat gerai
kecil-kecilan. Lalu kami akan mempopulerkan olahan kami ke masyarakat luas
dengan mempromosikan dengan media online
Untuk
marketing Mix (4P), kami menggunakan seluruh strategi dalam Marketing Mix 4P
(Product,Promotion,Place,Price). Antara lain sebagai berikut :
- Product
- Pada tahapan pertama, tentunya kami menghasilkan Produk yang dibuat Homemade, artinya produk yang dihasilkan asli dibuat oleh kami sendiri tanpa pengawet dan bahan yang digunakan pun alami.
- Promotion
- Pada tahapan kedua yaitu Promotion, promosi yang kami lakukan cukup banyak, diantaranya melalui Online (via Broadcast Message, SMS, maupun Facebook) , Face to Face (dengan mendatangi langsung konsumen) , Public Relation (mengemukakan promosi produk kami ke beberapa kelas)
- Place
- Tahapan Ketiga Place, Dengan kebutuhannya yang semakin komplek, sekarang ini banyak tempat yang dikonsep sedemikian rupa untuk dijadikan tempat rujukan mahasiswa. Dengan berkembangnya gaya hidup mahasiswa, pastinya berbanding lurus dengan berkembangnya kebutuhan mahasiswa itu sendiri, terutama kebutuhan untuk hang out atau sekedar cangkruan bareng bersama, sekarang ini sudah tak jarang lagi, café dijadikan sebagai tempat meeting / diskusi, mungkin perihal kegiatan fakultas, atau pemilihan BEM, dsb. Jadi peluang usaha yang menjanjikan di dekat kampus.
- Price
- Pada Tahap Terakhir yaitu Price, strategi yang kami lakukan adalah menjual produk sebanyak banyaknya dengan harga yang terjangkau dengan tidak mengurangi kualitas isi produk. Dengan melakukan tahap- tahap diatas kami berusaha membujuk customer agar tertarik pada produk kami sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian dan transaksi. Bahkan tidak sedikit juga saat kami melakukan sosialisasi produk, customer langsung membelinya. Kebanyakan dari customer kami adalah mahasiswa/wi juga orang-orang yang ada di lingkungan rumah kami karena harganya yang terjangkau dan menyehatkan karena terbuat dari bahan yang alami .
TARGET
Dengan
strategi yang kami buat, kami memiliki sasaran-sasaran dan target yang dapat
mendukung usaha kami kedepannya ada 4 target, antara lain :
Target
Produksi
Bahan baku
langsung kami ambil dari petani ubi ungu itu sendiri, sehingga modal yang kami
dapat cukup rendah. Produksi awal kami mulai dengan metode produksi rumahan
kecil karena skala pemasaran awal juga masih belum luas.
Ice Cream
Ubi Jalar
Bahan – bahan
- 250 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
- 1 kaleng susu kental manis putih
- 1 bungkus agar agar plain
- 200 ml susu cair
- 1 butir telur
- 1 sdt ovalet
- 1 sdt garam
- 1 sdt bubuk vanili
Cara Membuat
:
- Siapkan mangkuk atau wadah besar, campurkan semua bahan menjadi satu
- Aduk dengan menggunakan mixer hingga lembut
- Jika merasa terlalu kental anda dapat menambah sedikit air hingga merasa pas kentalnya
- Masak adonan dengan api kecil hingga meletup etup sambil terus diaduk
- Angkat dan biarkan dingin
- Lalu mixer atau blender adonan es krim tersebut hingga lembut
- Masukkan dalam freezer, tunggu hingga membeku
- Jika merasa es krim kurang lembut, anda dapat memicer atau memblendernya lagi
- Simpan kembali dalam freezer, tunggu hingga beku
- Sajikan
Target
Konsumen
Untuk target
awal kami akan mulai dengan skala kecil di kalangan teman – teman di dalam
kampus yang cukup mengerti akan khasiat dan manfaat ubi ungu bagi kesehatan,
dan bagi para pengidap penyakit yang memiliki banyak pantangan. Dengan mulai di
populerkan dari teman–teman di dalam kampus, kami akan memperluas jangakauan
konsumen ke semua orang.
Target
Lokasi
Dengan
berkembangnya gaya hidup mahasiswa, pastinya berbanding lurus dengan
berkembangnya kebutuhan mahasiswa itu sendiri, terutama kebutuhan untuk hang
out atau sekedar cangkruan bareng bersama, sekarang ini sudah tak jarang lagi,
café dijadikan sebagai tempat meeting / diskusi, mungkin perihal kegiatan
fakultas, atau pemilihan BEM, dsb. Jadi peluang usaha yang menjanjikan di dekat
kampus.
Target
Pendapatan
Biaya awal :
No.
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Ubi ungu
(@kg 3,500) 55kg x 3500
|
Rp
1,952,000
|
2
|
Kayu manis
(@kg 5,000) 5kg x 5000
|
Rp 25,000
|
3
|
Cengkeh
(@kg 100,000) 1kg x 100,000
|
Rp 100,000
|
4
|
Gula pasir
(@kg 12,000) 15kg x 12,000
|
Rp 180,000
|
5
|
Garam
(@bungkus 1500) 3bgks x 1500
|
Rp 4,500
|
6
|
Daun
pandan (@kg 3,000) 5kg x 3,000
|
Rp 15,000
|
7
|
Kelapa
(santan) (@buah 5,000) 50buah x 5,000
|
Rp 250,000
|
8
|
Krim kocok
(@box 21,000) 90box x 21,000
|
Rp
1,890,000
|
9
|
Sirup
(@btl 15,000) 10btl x 15,000
|
Rp 150,000
|
10
|
Aneka
topping
|
Rp
1,000,000
|
11
|
Cone kecil
(@buah 100) 4,000cone x 100
|
Rp 400,000
|
12
|
Cone besar
(@buah 150) 5,000cone x 150
|
Rp 750,000
|
13
|
Lain-lain
|
Rp
4.283.000
|
Jumlah
|
Rp
11,000,000
|
Pengeluaran
:
Tahun 1
Bulan
|
Pengeluaran
|
3 Bulan
Pertama
|
Rp
11,000,000
|
3 Bulan
Kedua
|
Rp
6.716.000
|
3 Bulan
Ketiga
|
Rp
6.716.000
|
3 Bulan
Keempat
|
Rp
6.716.000
|
Jumlah
|
Rp
31,148,000
|
Tahun 2
Bulan
|
Pengeluaran
|
3 Bulan
Pertama
|
Rp
6.716.000
|
3 Bulan
Kedua
|
Rp
6.716.000
|
3 Bulan
Ketiga
|
Rp
6.716.000
|
3 Bulan
Keempat
|
Rp
6.716.000
|
Jumlah
|
Rp
26.864.000
|
Keuntungan
:
Per 3 Bulan
:
ice cream
cone kecil
|
4,500cone
x Rp 2,000
|
9,000,000
|
ice cream
cone besar
|
3,600cone
x Rp 3,000
|
10,800,000
|
Jumlah
|
19,800,000
|
Tahun 1
Bulan
|
Keuntungan
|
3 Bulan
Pertama
|
Rp
19,800,000 – Rp 11,000,000 = Rp 8.800.000
|
3 Bulan
Kedua
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
3 Bulan
Ketiga
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
3 Bulan
Keempat
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
Jumlah
|
48,052,000
|
Tahun 2
Bulan
|
Keuntungan
|
3 Bulan
Pertama
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
3 Bulan
Kedua
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
3 Bulan
Ketiga
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
3 Bulan
Keempat
|
Rp
19,800,000 – Rp 6,716,000 = Rp 13,084,000
|
Jumlah
|
52,336,000
|
Dana
Jumlah Dana
yang
dipelukan
: Rp
11,000,000
Pinjaman
: Rp
4,000,000
Uang Tunai
: Rp
7,000,000
Modal yang
disetor
: 75%
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
- Usaha ini adalah suatu usaha yang bergerak dibidang perdagangan (kuliner) yang merupakan inovasi baru di dunia kuliner Indonesia
- Dalam pembuatan proposal ini terkandung 4 Target yaitu Target Produksi, Target Konsumen, Target Lokasi, Target Pendapatan.
- Dalam setiap target berisi hal-hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan usaha.
- Untuk mendirikan suatu usaha perlu persiapan yang matang serta managemen yang baik.
- Proposal ini sebagai tolak ukur dalam pelaksanaan kegiatan usaha tersebut.
B.
Saran
- Diharapkan pemerintah daerah lebih memperhatikan usaha kecil yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah jumlah wirausaha.
- Diharapkan masyarakat luas tahu bagaimana membuat atau membangun usaha dengan cara yang baik dan benar sehingga keuntungan dapat dicapai.
- Diharapkan dengan adanya usaha ini dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.
- Diharapkan dengan usaha ini pula, akan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mendirikan usaha.
- Sebaiknya dalam merencanakan suatu usaha perlu dibuat proposal agar kita dapat mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam bidang usaha tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar